Selamat Datang di blog ini. Jika Anda ingin Mendapat Solusi Masalah Rumah tangga, langsung Hubungi kami di 081 727 4077.
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga


Uang bukanlah segalanya, tapi dapat membuat kelimpungan jika tidak dikelola dengan baik. Uang bukan segalanya, tapi miskin akan uang bisa menjadi awal dari sebuah kejahatan.

Banyak orang tidak begitu pusing dengan manajemen keuangan dan percaya bahwa pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi akan menyelesaikan semua masalah keuangan mereka. Kenyataannya tidak demikian. Lalu bagaimana sebaiknya? Ada delapan langkah membuat anggaran keuangan yang lebih baik.

  1. Identifikasi prinsip hidup Anda. Apa yang penting bagi Anda? Sebagai contoh, mana yang lebih penting antara gaji yang tinggi dengan kerja lembur versus menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga Anda? Buat daftar tersebut dalam poin-poin sehingga mudah Anda pelajari.
  2. Tetapkan tujuan keuangan. Tujuan Anda harus mencerminkan nilai-nilai pribadi Anda. Sebagai contoh, jika keamanan finansial adalah prinsip pribadi nomor satu, maka ini akan membuat Anda akan menyelamatkan tiga bulan biaya hidup daripada membeli sebuah televisi yang besar. Jika memiliki rumah Anda sendiri adalah sebuah nilai, menabung untuk uang muka rumah lebih penting daripada mimpi membeli lemari pakaian.
  3. Menuliskan sumber-sumber pendapatan. Bagi kebanyakan orang, ini adalah bulanan atau gaji bulanan. Identifikasi jumlah bulanan. Mungkin ada tambahan lain? Tulis semuanya.
  4. Tulis biaya yang Anda keluarkan. Apakah itu makanan, gas, permen, sewa, atau pembayaran mobil, setiap satu sen yang Anda belanjakan adalah biaya yang harus ditulis.
  5. Tinjau kembali hutang Anda. Kumpulkan tagihan semua hutang Anda, hitung berapa total setiap bulannya. Ambil kalkulator, ambil napas dalam-dalam, dan hitung hutang Anda dengan seksama.
  6. Buat rencana. Lihat pengeluaran Anda dan cobalah untuk menentukan cara menghemat uang. Jika Anda memiliki hutang, atur rencana untuk membayar hutang Anda. Buat rencana anggaran yang terperinci berapa banyak uang yang akan Anda habiskan setiap bulan. Jangan lupa menyisihkan uang sebanyak mungkin untuk tabungan.
  7. Melacak pengeluaran. Sekarang saatnya untuk hidup dalam rencana anggaran Anda. Menyimpan notebook, menyimpan kuitansi, atau menggunakan komputer. Catat jumlah setiap kali Anda melakukan pembayaran, menulis cek, atau membeli sesuatu.
  8. Evaluasi rencana Anda. Apakah Anda menghabiskan lebih banyak daripada yang telah Anda anggarkan? Jika demikian, bagaimana sikap Anda terhadap pengeluaran itu? Segera evaluasi kembali rencana Anda.


0 komentar:

Posting Komentar